BlackBerry, smartphone buatan Research In Motion, dari Kanada merupakan mobile yang cukup fenomena. Namun ternyata, tidak demikian kepada di negeri China. Menurut Anderson, 24 tahun, mahasiswa pasca sarjana yang juga seorang analisis di sebuah bank domestik di Beijing, China menyebutkan, dibanding BlackBerry, iPhone, Smartphone , Apple jauh lebih diminati di sana. Generasi muda di China lebih memilih iPhone kerana ia menyediakan banyak fungsi dan aplikasi yang menarik di App Store. iPhone juga dinilai sebagai pemimpin di dunia selular dan menghadirkan trend yang signifikan. Orang yang menggunakan iPhone merupakan orang yang berstatus dan dipandang sebagai orang yang berada. Mereka yang kurang mampu umumnya memilih ke Smartphone Android. Bagaimana dengan BlackBerry ? Menurut Ellen, mahasiswi pasca sarjana jurusan juruanalisis Renmin University of China, pengguna di negeri itu lebih menyukai komunikasi suara, SMS, baru diikuti oleh instant messeging dan email. BlackBerry umumnya hanya dimanfaatkan oleh pengguna dari kalangan bisnes. Apalagi tarif layanan BlackBerry juga terasa mahal. Sebagai informasi, Anderson menyebutkan, tarif layanan BlackBerry Internet Service boleh mencapai 120 yuan per bulan di luar tarif untuk voice dan SMS yang jauh lebih kerap digunakan. Faktor lain yang membuat iPhone lebih disenangi pengguna di China adalah kerana pengguna di negeri itu sangat mementingkan produk dengan design yang bagus dan nilai lebih yang ditawarkan sebuah jenama. Menggunakan iPhone merupakan kebanggaan bagi generasi muda di negeri ini.
Friday, September 2, 2011
Subscribe to:
Post Comments (Atom)







No comments:
Post a Comment